12 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Pilmapres

AI Mangindo Kayo | Senin, 02-11-2020 | 22:43 WIB | 182 klik | Kab. Tanah Datar
<p>12 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Pilmapres<p>Wakil Rektor III IAIN Batusangkar, Dr Sirajul Munir memberikan arahan pada pembukaan pembekalan peserta dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020 IAIN Batusangkar, Senin (2/11/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Sebanyak 12 mahasiswa/wi terbaik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, mulai Senin (2/11/2020) masuk babak pembekalan peserta dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020.

Dalam pembekalan ini, peserta akan menerima beberapa materi dalam menunjang pengembangan soft skill seperti kemampuan komunikasi, kerjasama, berfikir kritis, kreatifitas, kepercayaan diri, kegigihan, kepedulian dan kepemimpinan.

Karatina pemilihan mahasiswa berprestasi yang dibuka Wakil Rektor III IAIN Batusangkar, Dr Sirajul Munir ini, tentunya akan memberikan ide-ide kreatif, aktivitas bagi mahasiswa itu sendiri, yang akan menimbulkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, disetiap mahasiswa.


Selain itu, akan menambah nilai prestasi mahasiswa, rekognisi dan kepemimpinan dalam tubuh mahasiswa IAIN Batusangkar tentunya.

"Walaupun Pandemi Covid19 masih belum usai melanda Indonesia bahkan dunia, namun tidak mengurangi kreatifitas dan inovasi mahasiswa berhenti," tegas Munir.

Dia menekankan, mahasiswa tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih.

Karena, era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang.

Sementara itu, Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora mengatakan, kegiatan ini sangat strategis dalam memfasilitasi mahasiswa unggul yang memiliki tiga kecerdasan (intelektual, emosional, dan spiritual).

Di sinilah fungsi dari pada pendidikan dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak setiap mahasiswa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam kehidupan.

Sementara, Ketua Panitia Pilmapres 2020. Rini Anita memaparkan, kegiatan kali ini akan berlansung selama dua hari, yakni hari ini karantina atau pembekalan kepada peserta. Kemudian, esoknya akan masuk penjaringan 12 besar menuju 4 besar.

"Akhirnya, akan memberikan Penganugerahan Duta Terbaik IAIN Batusangkar, Duta Terbaik Fakultas dan Duta Favorit," tutur Rini. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya