IAIN Batusangkar dan Balai Bahasa Gelar Pelatihan Pengawasan Penggunaan Bahasa di Media Massa

AI Mangindo Kayo | Jumat, 20-11-2020 | 15:24 WIB | 125 klik | Kab. Tanah Datar
<p>IAIN Batusangkar dan Balai Bahasa Gelar Pelatihan Pengawasan Penggunaan Bahasa di Media Massa<p>Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora bertukar cenderamata dengan Kepala Bala Bahasa usai memberikan arahan pada kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Pada Media Massa di Auditorium IAIN Batusangkar, Kamis (19/11/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora membuka secara resmi kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Pada Media Massa di Auditorium IAIN Batusangkar, Kamis (19/11/2020).

Dalam sambutannya, Marjoni menyampaikan, "Language has a role (Setiap bahasa memiliki aturan), begitu yang saya dengan dari pakar Bahasa. Ketika bahasa memiliki aturan, maka setiap bahasa harus tunduk kepada aturannya. Tidak boleh disepelekan apalagi dilabrak, walaupun Bahasa tidak memiliki polisi."

"Meskipun Bahasa Indonesia telah kita pelajari dan praktekkan mulai dari SD, namun berbagai kesalahan masih sangat sering kita jumpai. Hal yang sederhana misalnya penggunaan di dipisah atau digabung, penggunaan istilah asing, penggunaan kata yang berlebihan, misalnya penggunaan kata front terdepan. Padahal front itu artinya di depan. Atau contoh lain sangat luar bisa. Padahal luar biasa itu sudah berarti sangat," sambungnya.


"Tentu saja saja sebagai orang-orang yang setiap harinya berinteraksi dengan penggunaan Bahasa Indonesia, harus familiar dengan Bahasa yang baik dan benar," ungkap Rektor.

"Saya berkeyakinan bahwa kegiatan ini sangat strategis dalam rangka memelihat ketepatan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar, terutama bagi teman-teman dan mahasiswa yang terlibat dalam dunia jurnalistik. Saat ini kita juga sudah dibatasi oleh UU ITE. Jadi Pewarta harus mampu memposting dan memilah pembertiaan yang benar." Tuturnya

Sebelumnya Rektor yang didampingi Warek III Bidang Kerjasama, Dr Sirajul Munir dan Kepala Balai Bahasa menandatangani kesepakatan kerjasama IAIN Batusangkar dan Balai Bahasa Sumatera Barat

Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat Aminlatif mengungkapkan, "Alhamdulillah untuk kegiatan pengawasan penggunaan bahasa di media massa untuk kabupaten Tanah Datar bisa kita selenggarakan di IAIN Batusangkar. Kegiatan ini secara teratur dilaksanakan di 19 Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat."

"Kami menyampaikan terimakasih kepada Rektor IAIN Batusangkar atas kerjasamanya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik," tuturnya

Acara yang digelar selama dua hari tersebut dihadiri peserta dari unsur Humas Lembaga Pemerintah di Kabupaten Tanah Datar dan wartawan media yang aktif di Luhak Nan Tuo.

Dalam penyelenggaraan kegiatan dilakukan dengan kepatuhan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya