PT Angkasa Pura II Raih Penghargaan dari BPKN, PR Indonesia dan Warta Ekonomi

Penerbangan di Soekarno-Hatta Kembali Tunjukkan Tren Positif

AI Mangindo Kayo | Senin, 30-11-2020 | 18:12 WIB | 498 klik | Nasional
<p>Penerbangan di Soekarno-Hatta Kembali Tunjukkan Tren Positif<p>Aktivitas di Bandara Soekarno Hatta. (istimewa)

VALORAnews - Di penghujung tahun 2020, PT Angkasa Pura II mendapat tiga penghargaan dari lembaga berbeda. Yakni dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), PR Indonesia dan Warta Ekonomi.

Penghargaan dari BPKN berada pada kategori Diamond, yang merupakan penghargaan tertinggi di dalam Raksa Nugraha-Indonesia Consumer Protection Award 2020.

Sedangkan PR Indonesia, di ajang Anugerah Humas Indonesia 2020, memberikan penghargaan pada President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin sebagai Pemimpin BUMN Non-Tbk Terpopuler di Media Digital 2020 sekaligus BUMN Non-Tbk Terpopuler di Media Digital 2020.


Adapun Warta Ekonomi pada ajang BUMN Award 2020 memberikan penghargaan kategori Very Good Financial Performance of Indonesia Best BUMN Award 2020 dan Airport Health Retail Services and Health Center for Passengers.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulis, Senin (30/112020) mengatakan, penghargaan dari BPKN diberikan pada setiap entitas yang peduli akan perlindungan konsumen. Diketahui, upaya perlindungan konsumen yang dirintis PT Angkasa Pura II, terangkum dalam konsep Transformation 2.0.

"Transformation 2.0 ini telah membawa bandara-bandara di bawah PT Angkasa Pura II dapat memberikan perlindungan bagi konsumen. Di mana hal ini juga sekaligus merupakan bentuk dari keberpihakan perseroan pada konsumen," jelas Hamid Awaluddin.

Dikatakan, penilaian BPKN dilakukan dengan pendekatan pemeringkatan dan menekankan pada sistem perlindungan konsumen yang direncanakan, diterapkan serta ditingkatkan oleh entitas. "Salah satu instrumen penilaian adalah kuesioner," ungkap Muhammad Awaluddin.

Sedangkan penghargaan dari PR Indonesia, diberikan berdasarkan penilaian jumlah exposure positif di media digital dan media sosial dengan sumber data yang dihimpun dari 6.831 media lokal, 904 media nasional dan 2.218 media internasional lalu Facebook, Instagram, Youtube dan Twitter sepanjang 1 Januari hingga 30 September 2020

"PT Angkasa Pura II berkomitmen memberikan informasi secara berkala sebagai bagian dari upaya kami dalam melayani traveler dalam melakukan perjalanan dengan pesawat di 19 bandara, mulai dari sebelum melakukan penerbangan, saat penerbangan, hingga sesudah penerbangan. Terlebih, di tengah pandemi ini masyarakat sangat membutuhkan informasi detail yang berkaitan dengan penerbangan," jelas Muhammad Awaluddin.

Adapun penghargaan dari Warta Ekonomi pada ajang BUMN Award 2020, ungkap dia, tak lepas dari strategi bisnis untuk bertahan dan menjaga stabilitas bisnis agar tetap dapat menjalankan Transformation 2.0.

"Strategi bisnis yang kami jalankan adalah pengembangan inovasi melalui program Top Line Innovation, lalu penghematan melalui Cost Leadership dan memaksimalkan alat produksi atau Asset Maximizing," ungkapnya.

"Sejalan dengan strategi tersebut, kami melahirkan Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta guna mendukung perjalanan dengan pesawat di tengah pandemi ini," tambah Muhammad Awaluddin.

Sepanjang tahun 2020 ini, PT Angkasa Pura II (Persero), pengelola 19 bandara di Indonesia, telah terbukti mulai menapaki kurva kedua transformasi dengan menjalankan Transformation 2.0 untuk jadi pemimpin pasar operator bandara di ASEAN.

Transformation 2.0 dijalankan pada 2020-2024 dengan program pengembangan pada aspek Business dan Portfolio Transformation, Infrastructure & Operation System Transformation serta Human Capital Transformation.

Penerbangan di Tengah Pandemi

Sejalan dengan program perlindungan konsumen, memberikan informasi kepada publik secara berkala, serta inovasi guna mendukung perjalanan dengan pesawat, kepercayaan masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan pesawat dari bandara-bandara PT Angkasa Pura II semakin meningkat dari waktu ke waktu di tengah pandemi ini.

Pada 29 November 2020, lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta kembali mencetak angka tertinggi secara harian di tengah pandemi ini dengan 722 penerbangan yang terdiri dari 363 keberangkatan dan 359 kedatangan.

Sebelumya, angka tertinggi secara harian ada pada 20 November 2020 dengan sebanyak 705 penerbangan.

"Di tengah tren positif ini, PT Angkasa Pura II dan stakeholder berkomitmen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik," ujar Muhammad Awaluddin. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Nasional lainnya