Rusma-Rudi Pemenang Pilkada Pessel, Epaldi Bahar: Alhamdulillah, Partisipasi Meningkat

AI Mangindo Kayo | Rabu, 16-12-2020 | 19:41 WIB | 185 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Rusma-Rudi Pemenang Pilkada Pessel, Epaldi Bahar: Alhamdulillah, Partisipasi Meningkat<p>Jajaran KPU Pessel beserta pihak terkait, foto bersama usai penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan serentak 2020 di Painan Convention Center (PCC), Rabu (16/12/2020) sore. (istimewa)

VALORAnews - KPU Pesisir Selatan tetapkan pasangan calon Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah, sebagai bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan serentak 2020 ini. Pasangan nomor urut 2 yang diusulkan koalisi Partai Gerindra, PAN, Perindo, Berkarya dan PBB ini meraih 128.922 (57,24%) suara.

"Meskipun dilaksanakan dalam masa tidak normal, dibanding Pilkada 2015, tingkat partipasi pemilih dalam Pilkada 2020 ini meningkat sekitar 5%, menjadi 68,28%," ungkap Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar, usai penetapan di Painan Convention Center (PCC), Rabu (16/12/2020) sore.

Sementara, pasangan calon nomor urut 1, petahana Hendra Joni yang berpasangan dengan Hamdanus meraih 86.074 (38,22%) suara sah. Pasangan calon yang diusulkan Partai Nasdem, PKS dan Demokrat ini ditetapkan peraih suara terbanyak kedua.


Sedangkan pasangan calon nomor urut 3, Dedi Rahmanto Putra - Arfianof Rajab (diusulkan Partai Golkar, PDIP, PKB, PPP dan Hanura) meraih 10.220 (4,54%) suara.

"Kami mengucapkan terima kasih pada pemerintah daerah, DPRD, Polri dan TNI, Bawaslu, pasangan calon dan tim kampanye, PPK, PPS dan KPPS, media massa dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mewujudkan terselenggaranya Pilkada secara tertib, lancar dan aman," ungkap Epaldi Bahar.

"Semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberkahi kita semua," tambahnya.

Tunaikan dengan Baik

Terpisah, anggota DPRD Pessel, Novermal Yuska menilai, KPU Pessel sudah menunaikan tugasnya dengan baik. Hal ini ditandai dengan Pilkada yang berlangsung sukses, aman dan tertib.

"Spesial tengkiu buat Bung Epaldi Bahar atas kesuksesannya memimpin KPU Pessel," ujar Novermal yang juga Ketua Bidang VII (Hukum dan Advokasi) Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) itu.

"Biduak lalu, kiambang batawik. Kontestasi sudah selesai. Yang menang tidak boleh jumawa. Yang kalah mesti berlapang dada. Mari kembali bergandeng tangan membangun Pesisir Selatan yang lebih baik. Basamo mako manjadi. Semoga Allah senantiasa memberkahi kita, aamiin," tambahnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya