Ini Tahapan Vaksinasi Covid19 di Tanahdatar

AI Mangindo Kayo | Kamis, 28-01-2021 | 19:34 WIB | 175 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Ini Tahapan Vaksinasi Covid19 di Tanahdatar<p>Personel Brimob, Polres Tanahdatar dan petugas BPOM Padang mengawal pengiriman Vaksin keluaran Sinovac ke Kota Batusangkar, Kamis (28/1/2021). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanahdahtar, Suhermen menerima 3.000 dosis vaksin keluaran Sinovac untuk penanganan Covid19 di daerah itu, Kamis (28/1/2021). Bantuan itu diserahkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Tanahdatar.

Kedatangan vaksin itu, dikawal sejumlah petugas Brigade Mobile (Brimob), petugas kepolisian Resort Tanahdatar dan petugas Balai Pengawas Obat Makanan (BPOM) Padang.

"Vaksin Sinovac tiba di Tanahdatar tanpa kendala berarti. Sementara disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan sebelum didistribusikan. Selama di tempat penyimpanan, ada petugas siap siaga 24 jam," ujar Suhermen.


Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Tanahdatar, dr Yesrita Zedrianis mengatakan, vaksin disimpan suhu ruangan dari 28 derajat celsius, guna menjaga kualitas dan efektifitasnya.

"Jumlah vaksin yang diterima Puskesmas, masing-masingnya bervariasi. Dalam pendistribusian vaksin ini, akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan diterima tenaga kesehatan dalam waktu dekat," ungkapnya.

"Vaksin sinovac ini, akan mulai didistribusikan secepatnya ke Puskesmas se-Tanahdatar dan RSUD Hanafiah. Tahap pertama yang akan menerima vaksin, tenaga kesehatan sebanyak 1.475 orang," ujar Yesrita.

Selanjutnya, empat tahapan perencanaan pemberian vaksin, yakni tahapan pertama tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang dan mahasiswa profesi kedokteran.

Tahapan kedua, pemberian vaksin dicanangkan ke petugas publik seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi, Aparat Hukum dan lainnya.

Tahapan ketiga, diperuntukan bagi masyarakat rentan dari aspek geopasial, sosial dan ekonomi.

Tahapan keempat, diperuntukan bagimasyarakat pelaku perekonomian dengan pendekatan dan ketersedian vaksin. "Semua tahapan, terlaksana dimulai dari Januari sampai Maret 2021 ini," ungkapnya.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya