IAIN Batusangkar dan STAIN Madina Jalin Nota Kesepahaman

AI Mangindo Kayo | Rabu, 03-02-2021 | 15:16 WIB | 240 klik | Kab. Tanah Datar
<p>IAIN Batusangkar dan STAIN Madina Jalin Nota Kesepahaman<p>Ketua STAIN Madina, Dr Torkis Lubis bersama jajaran serta Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora dan jajaran, foto bersama usai penandatangan MoU di Batusangkar, Rabu (3/2/2021). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Rektor dan jajaran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, menerima kunjungan Pimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina), Selasa-(2/2/2021). Kunjungan ini dalam rangka MoU (Memorandum of Understanding).

Hadir dalam MoU tersebut Ketua STAIN Madina, Dr Torkis Lubis, Wakil Ketua I, III, Kabag AUAK, Ketua P3M, P2M, Kabag Kerjasama, Sekretaris prodi MPI, Humas dan juga dosen muda yang juga alumni dari IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar, Dr Marjoni Imamora beserta Wakil Rektor I, II, II, Direktur Program Pascasarjana, Dekan Syariah, Wakil Dekan FTIK, Kepala SPI dan Sekretaris LPPM IAIN Batusangkar, menyambut baik ketua dan rombongan dari STAIN Madina yang sama-sama berniat untuk menciptakan dan juga memajukan pendidikan di dua instansi di bawah Kementerian Agama tersebut.


"Intinya, kita sama-sama bermaksud akan alih status, IAIN Batusangkar akan jadi UIN Batusangkar. Sedangkan STAIN Madina akan jadi IAIN Madina. Dengan MoU ini, kita saling bersenergi untuk memajukan dunia pendidikan, baik di Sumatera Barat maupun Mandailing Natal, Sumatera Utara," ungkap Marjoni.

Dia menerangkan, IAIN Batusangkar sudah memiliki 4 fakultas dengan 28 jurusan. Sedangkan Program Pascasarjana dengan 6 program studi. "Kita sudah memilki 7 jurusan yang terakreditasi A dari BAN-PT. Pada awal tahun ini, semua program studi di Program Pascasarjana sudah memiliki akreditasi B dari BAN-PT," ungkap Marjoni.

Sementara itu, Torkis Lubis mengatakan, dengan MoU ini, IAIN Batusangkar bisa mendampingi dalam pendirian Program Pascasarjana di STAIN Madina. Karena, program studi yang dimiliki Pascasarjana IAIN Batusangkar sudah lebih bagus, dan semuanya sudah mengantongi Akreditasi B.

"Sementara ini, STAIN Madina baru memiliki 16 Program studi Strata 1 dari dua jurusan dengan jumlah mahasiswa lebih kurang 2.000 orang," sambungnya.

Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Batusangkar, Dr Sirajul Munir didampingi Direktur Program Psacasarjana, Dr Suswati Hendriani menyambuat baik maksud dan tujuan dari Ketua beserta Rombongan dari STAIN Madina.

"Ini akan memperkuat kita di Program Pascasarjana, juga pola pikir dimana kelebihan dan kelemahan kita. Juga kita bisa akan saling mengisi dan berbagi," ucap Munir. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya