Rayakan Hari Jadi ke-49, Yudas: Kecekatan Personil Basarnas Mentawai Dirasakan Masyarakat

AI Mangindo Kayo | Minggu, 28-03-2021 | 19:56 WIB | 2223 klik | Kab. Mentawai
<p>Rayakan Hari Jadi ke-49, Yudas: Kecekatan Personil Basarnas Mentawai Dirasakan Masyarakat<p>Kakansar Mentawai, Akmal.

VALORAnews - Keberadaan Badan Sar Nasional sangat penting dalam memberikan pertolongan pada kecelakaan dan bencana di setiap daerah. Oleh sebab itu, Basarnas dituntut untuk selalu memiliki personilnya yang cekatan dan tangguh.

Sama halnya dengan Basarnas Kabupaten kepulauan Mentawai, di bawah komando Akmal selaku Kakansarnya, seluruh personilnya bekerja dengan penuh ketekunan dan keseriusan dalam memberikan pertolongan pada kecelakaan kapal.

Mentawai dengan luas laut lebih luas dari daratan, sering terjadi kecelakaan kapal dan boat. Karena, berada di lautan lepas, membuat wilayah Mentawai perlu ekstra perhatian dan kerja keras dari tim Basarnas.


Seperti yang diungkapkan Kakansar Mentawai, Akmal, di hari jadi Basarnas 49 yang jatuhnya pada 28 Februari 2021, dia mengimbau masyarakat, dalam upaya meminimalisir kecelakaan kapal dan perahu, agar memperhatikan beberpa hal untuk menghindari kecelakaan.

Agar memperhatikan lima hal yaitu, perhatikan kondisi cuaca dan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG. Dipastikan, kondisi fisik nakhoda maupun ABK disaat harus dalam keadaan baik dan sehat. Kemudian, logistik yang dibawa disaat melaut cukup dan pastikan kondisi kapal atau perahunya dalam kondisi baik. Lalu, BBM saat melaut memadai dan mencukupi.

Sementara yang keempat, untuk kapal atau perahu nelayan harus mempunyai peralatan safety seperti pelampung dan juga peralatan komunikasi. Tidak kalah pentingnya, kata Akmal, untuk kapal-kapal yang berlayar dari dan ke Mentawai harus mempunyai alat pemancar sinyal marabahaya.

Kelima, tetap memperhatikan protokol kesehatan dimasa pandemi. Selalu mempersiapkan personil dan juga menyiagakan Alat Utama (Alut) seperti kapal yang disiagakan dalam kondisi baik, mesin dan bahan bakarnya yang memadai untuk pergerakan operasional.

"Seluruh peralatan SAR, selalu disiagakan dalam kondisi oke dan siap digunakan kapan saja baik Alut darat seperti mobil dan alut laut seperti kapal, RIP atau perahu karet dan alat rescue lainnya," ungkap Akmal.

Yang tidak kalah pentingnya, kata Akmal, Basarnas Mentawai juga menyiagakan prosedur dalam artian, personil Basarnas selalu latihan seperti mengulangi ilmu yang telah mereka terima. Agar, apabila terjadinya kecelakaan, mereka tidak kaku dalam memberikan pertolongan pada masyarakat yang mendapat bencana.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet mengucapkan dirgahayu ke-49. Semoga selalu jaya dan dekat di hati masyarakat.

Pada hari jadi Basarnas 28 Februari 2021 ini, Yudas mengatakan, Basarnas bagi Mentawai sangat berguna. Mengingat wilayah kabupaten kepulauan Mentawai yang dikelilingi oleh lautan dan cuaca yang tidak bisa diprediksi, menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan baik itu kecelakaan kapal ataupun perahu nelayan.

"Keberadaan Basarnas, masyarakat merasakan adanya tempat yang selalu memberikan pertolongan dengan personilnya yang cukup cekatan di lapangan," ungkap Yudas. (dni)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Mentawai lainnya