Musrenbang Kecamatan Ranah Pesisir, Novermal: Warga Butuh RSUD

AI Mangindo Kayo | Rabu, 03-03-2021 | 21:28 WIB | 223 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Musrenbang Kecamatan Ranah Pesisir, Novermal: Warga Butuh RSUD<p>Ketua Fraksi PAN DPRD Pessel, Novermal memberikan pandangannya pada Musrenbang Kecamatan Ranah Pesisir di Gedung UDKP, Rabu (3/32021). (istimewa)

VALORAnews - Ketua Fraksi PAN DPRD Pessel, Novermal menyampaikan, masyarakat Kecamatan Ranah Pesisir dan Lengayang, membutuhkan kehadiran sebuah rumah sakit umum daerah (RSUD). Lokasi pembangunannya direncanakan di Padang Laban, Nagari Pasia Pelangai.

"Di Padang Laban, ada tanah ulayat Nagari Pelangai yang Insyaa Allah bisa dihibahkan untuk pembangunan rumah sakit. Hal ini penting diwujudkan, guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ungkap Novermal saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Ranah Pesisir di Gedung UDKP, Rabu (3/32021).

Dalam Musrenbang itu, juga hadir Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar (RA) beserta beberapa kepala OPD. Juga hadir dua orang anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan dari Dapil 4, Nasrul Hartono dan Pardis. Dalam Musrenbang itu, ada sembilan usulan perioritas pembangunan yang disepakati di Kecamatan Ranah Pesisir.


Dengan dibangunnya satu unit lagi RSUD di Padang Laban, ungkap Novermal, pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lengayang, Surantih, Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti, jadi lebih dekat. Selain itu, lokasinya juga di pinggir jalan nasional sehingga sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses rumah sakit tersebut.

"Dengan demikian, pembangunan berazazkan efisien dan efektif bisa terpenuhi, yaitu tanahnya tidak perlu dibeli (hibah) dan lokasinya strategis," ungkap Novermal.

Guna mewujudkan rencana ini, Novermal menyebut, akan bekerja sama dengan seluruh anggota DPRD, terutama dari Dapil 4. "Segera beriya-iya dengan seluruh Ninik Mamak Nagari Pelangai beserta wali nagari dan Bamus se-Nagari Pelangai, supaya tanah tersebut bisa disepakati dihibahkan untuk rumah sakit. Mohon dukungan dan doa kita semua, semoga rencana baik ini bisa terwujud," harap Novermal.

Merespon ini, RA menyatakan, akan menyesuaikan kebutuhan dengan ketersediaan anggaran. Tahun 2022, RA menyebut, lebih fokus pada peningkatan sumber daya manusia melalui pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan, dan ekonomi masyarakat. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya