Masyarakat Jangan Terpengaruh Berita Hoaks Vaksinasi Covid 19

AI Mangindo Kayo | Jumat, 05-03-2021 | 19:51 WIB | 182 klik | Kota Padang
<p>Masyarakat Jangan Terpengaruh Berita Hoaks Vaksinasi Covid 19<p>Warga Lansia anggota HTT Padang, ikuti vaksinasi Covid19 yang digelar, Jumat (5/3/2021). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengimbau masyarakat untuk tidak percaya terhadap hoaks vaksinasi Covid 19.

Hal tersebut disampaikan disela-sela vaksinasi terhadap 800 warga lanjut usia (Lansia) di GOR HTT Padang, Jumat (5/3/2021).

Menurut Feri Mulyani, tujuan vaksinasi adalah untuk menghentikan pandemi Covid 19 yang sudah lebih satu tahun mengganggu aktivitas masyarakat, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.


"Semua warga yang berumur di atas 18 tahun harus divaksinasi. Supaya kekebalan kelompok (Herd Immunity) bisa terjadi maka secepat mungkin vaksinasi ini harus dilakukan," ujar dia.

Dielaskan, Herd Immunity adalah jika sebagian besar warga telah memiliki kekebalan terhadap virus, maka warga yang tidak kebal akan ikut terlindungi. Untuk mencapai Herd Immunity maka 70 persen warga harus mendapatkan vaksinasi.

Kadis memasitkan vaksin Sinovac yang dipakai aman karena pelarutnya adalah NaCL dan virusnya adalah virus yang dimatikan.

Hingga hari ini, menurut Ferimulyani, sekitar 19 ribu tenaga kesehatan sudah divaksin, sementara petugas pelayan publik sekitar 1000 orang dan Lansia mencapai 1000 orang.

"Kita menargetkan 3000-4000 orang dapat divaksin setiap harinya, sehingga pada akhir tahun dapat tervaksin sekitar 700 ribu warga Kota Padang," tambahnya.

Untuk stok vaksin yang tersedia di Dinkes saat ini berjumlah 32 ribu dosis, dan masih menunggu pengiriman vaksin dari pemerintah pusat. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya