Peringati Hari Film 2021

Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Festival Film Dokumenter

AI Mangindo Kayo | Selasa, 30-03-2021 | 18:58 WIB | 67 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Festival Film Dokumenter<p>Asisten III Setdaprov, Nassir Ahmad didampingi Gemala Ranti (Kepala Dinas Kebudayaan), meluncurkan Festival Film Dokumenter (Dokufes 21) yang ditandai dengan menayangkan salah satu film dokumenter karya anak nagari yang berjudul "Amak" di lantai III Gedung Dinas Kebudayaan Sumbar, Selasa (30/3/2021). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional ke-71, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan Festival Film Dokumenter (Dokufes 21).

Peluncuran ditandai dengan menayangkan salah satu film dokumenter karya anak nagari yang berjudul "Amak" di lantai III Gedung Dinas Kebudayaan Sumbar, Selasa (30/3/2021).

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kreatifitas para pembuat film dan komunitas film di Sumbar dan Indonesia.


"Festival Film Dokumenter ini sebagai media apresiasi, edukasi dan pengarsipan budaya yang merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan budaya," ujar Gemala.

Ia menambahkan, dengan adanya festival film tersebut dapat memberikan kesempatan bagi pembuat dan komunitas film untuk berekspresi, berkreasi, dan berkarya dalam bidang seni perfilman.

Menurutnya, karya film dokumenter akan menjadi solusi dari persoalan saat ini, serta program pemerintah karena terkait dengan informasi dalam berbagai hal seperti persoalan pendidikan, seni dan budaya, kearifan lokal dan sebagainya.

Gemala mengatakan, film dokumenter di Indonesia kini berkembang baik sehingga berfungsi sebagai media promosi bagi program-program pemerintah serta mengedukasi masyarakat mengenai informasi-informasi budaya.

Festival Film Dokumenter 2021 mengangkat tema Pahlawan Kebudayaan, dimana Dokufes 2021 menceritakan realita seorang atau kelompok yang selama ini berbuat untuk masyarakat banyak dalam mewujudkan ketahanan budaya atau melestarikan kebudayaan.

Bagi pemenang dalam festival yang memiliki tagline "Your identity, Your Glory" itu akan ditayangkan pada hari jadi Provinsi Sumatera Barat 1 Oktober nanti.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setdaprov, Nassir Ahmad mengajak para sineas untuk berpartisipasi meramaikan Dokufes 2021, dengan mengirimkan karya filmnya.

"Pada kesempatan ini, saya mengimbau kepada seluruh sineas dan komunitas film untuk berpartisipasi dalam Dokufes 2021, sebagai salah satu ruang film dokumenter yang ada di Sumbar," ujar Mahyeldi.

Selain itu, Mahyeldi juga mengajak semua pihak, bukan hanya sineas untuk dapat bersama-sama memajukan film Indonesia sekaligus memaknai Hari Film Nasional ke-71. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya