43 Pelanggar Prokes Covid19 Terjaring di Pasar Baso

AI Mangindo Kayo | Senin, 14-06-2021 | 21:29 WIB | 410 klik | Kab. Agam
<p>43 Pelanggar Prokes Covid19 Terjaring di Pasar Baso<p>Seorang pengunjung Pasar Baso, Kabupaten Agam, membersihkan sampah di kawasan pasar serikat itu, Senin (14/6/2021). (humas)

VALORAnews - Sedikitnya, 43 orang warga ditetapkan jadi pelaku pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) di kawasan pasar serikat Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Senin (14/6/2021). Mereka terjaring Operasi Yustisi yang digelar Satgas Covid19 Kabupaten Agam.

"Pelanggar Prokes ini diberi sanksi sosial seperti membersihkan fasilitas umum. Namun, dua orang diantaranya memilih bayar denda, masing-masingnya Rp100 ribu," ungkap Anggota Satpol PP Agam, Leni Purnama disela Operasi Yustisi yang digelar di hari pasar itu.

Dikatakan, dua warga itu memilih bayar denda, karena tidak mau mengerjakan sanksi sosial. "Hasil denda dimasukkan ke kas daerah," terangnya.


Dikatakan Leni, setiap pelanggar didata dan diinput ke aplikasi Sipelada oleh petugas yang ditunjuk.

Operasi Yustisi ini, terangnya, rutin dilaksanakan Satgas Covid19 Agam, sebagai upaya pendisiplinan penerapan protokol kesehatan, terutama dalam pemakaian masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Operasi ini, katanya, juga upaya menegakkan Perda Sumatera Barat No 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Tim Operasi Yustisi yang bertugas sebanyak 29 orang yang berasal dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, BPBD dan Dinas Perhubungan. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Agam lainnya