Padang Siap Sukseskan TdS 2015

AI Mangindo Kayo | Senin, 21-09-2015 | 12:28 WIB | 1279 klik | Kota Padang
<p>Padang Siap Sukseskan TdS 2015<p>Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo saat mengikuti iven bersepeda santai di Jakarta, beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo mengatakan, iven balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2015, merupakan ajang olahraga berbalut wisata. Sehingga, even ini cukup menarik dan mengundang perhatian banyak pihak, terutama wisatawan mancanegara dan nusantara.

"Dalam jadwal yang dirilis panitia TdS 2015, Padang akan disinggahi pebalap sepeda sebanyak tiga kali. Iven ini merupakan ajang balap sepeda internasional yang paling besar ditonton dan paling meriah. Selain sarana mempromosikan daerah, kegiatan ini juga diekspektasikan dapat memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi," kata Mahyeldi.

Hal senada dikatakan Sapta Nirwandar, Chairman TdS 2015. Menurutnya, TdS merupakan ajang sport tourism. "Ini adalah sport tourism. Kita ingin mempromosikan kebudayaan Indonesia, khususnya Sumatera Barat," tukasnya dikutip dari rilis Humas Pemko Padang.


Pada TdS 2015 ini, akan dikuti 24 tim dari 36 negara. Sebanyak 24 tim peserta Tour de Singkarak tahun ini antara lain Asian Racing Team (Jepang), Arbo Denzel Cliff (Austria), 7 Eleven Roadbike (Filipina), Holy Brother Cycling Team (Republik Rakyat Cina), Attaque Team Gusto (Taiwan), National Sports Council (Malaysia).

Kemudian, Pegasus Continental Cycling Team (Indonesia), Pishgaman Giant Team (Iran), St. George Merida Cycling Team (Australia), Singaha Infinite Cycling Team (Thailand), Team Diferdance Gigi Losch (Luksemburg), Track Team Astana (Kazakhstan), Uzbekistan National Team (Uzbekistan), dan ada beberapa tim terbaik yang akan dipilih PB ISSI untuk mengikuti kegiatan ini.

"Tahun ini lebih menantang. Apalagi 24 tim itu berasal dari 36 negara," ujar Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata Raseno Arya.

Pada malam launching TdS 2015 itu, Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi juga terlihat hadir bersama undangan lainnya. Launching TdS itu digelar di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Juga tampak hadir diantaranya Ketua DPD RI Irman Gusman, Asisten III Pemprov Sumbar Sudirman Gani mewakili gubernur, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim. Kemudian, Ketua Umum PB ISI Raja Sapta Oktohari, Tokoh Masyarakat Minang Prof Emil Salim serta para bupati/walikota se-Sumatera Barat dan lainnya.

Dalam acara launching itu, sejumlah hiburan juga dihadirkan. Seperti penampilan tarian khas Sumatera Barat dan tarikan suara Ratu Sikumbang, penyanyi berbakat Sumatera Barat. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Sport lainnya
Berita Kota Padang lainnya