BNPB Kucurkan Hibah Rp9,7 Miliar untuk Pemko Sungaipenuh

AI Mangindo Kayo | Kamis, 24-09-2015 | 22:45 WIB | 1216 klik | Nasional
<p>BNPB Kucurkan Hibah Rp9,7 Miliar untuk Pemko Sungaipenuh<p>Kepala BPBD Sungai Penuh, Irman Jalal meninjau pekerjaan tembok penahan sungai yang pembiayaannya bersumber dari dana hibah BNPB, beberapa waktu lalu. (riko pirmado/valoranews)

VALORAnews -- Pemko Sungaipenuh, Jambi, 2015 ini kembali mendapat kucuran dana hibah dari pemerintah pusat. Dana hibah sebesar Rp9,7 miliar itu, diperuntukan untuk penanggulangan bencana alam.

"Berkat usulan kita, pusat merespon dan menyetujui serta menghibahkan dana sebasar Rp9,7 miliar," ujar Sekda Kota Sungaipenuh, Pusri Amsyi kepada sejumlah awak media, Kamis (24/9/2015) .

Untuk mendapat dana tersebut, terangnya, tidaklah mudah. Dia bersama Kepala BPBD, Irman Jalal yang disetujui Walikota Sungaipenuh AJB, mengirim proposal bantuan ke BNPB RI, pekan lalu.


"Hanya satu-satunya, Kota Sungaipenuh mendapat dana hibah dari pusat di Provinsi Jambi. Mendapatnya, tentu hasil dari presentasi kita dihadapan BNPB RI, dihadiri perwakilan dari seluruh daerah," jelasnya.

Pelaksana tugas (Plt) BKD Kota Sungaipenuh ini menyampaikan, dana hibah itu akan diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur, berdasar usulan setiap kecamatan yang terdampak bencana alam.

"Bulan Oktober depan, dananya sudah masuk ke rekening daerah. Sekarang baru kita rancang, kecamatan mana yang terkena bencana untuk dibangun irigasi atau penahan sungai," tambahnya.

Sementara, Irman Jalal menjelaskan, bantuan hibah itu untuk program bantuan pendanaan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana 2015 sebesar Rp9.716.383.000. Selain itu, juga didapatkan DSP (dana siap pakai) senilai Rp5.224.103.000.

"Jadi, totalnya kita mendapat Rp14.940.486.000 yang diterima langsung walikota diwakili Sekda Sungaipenuh didampingi Kepala DPPKA dan saya sendiri pada Selasa (22/9/2015) di Hotel Redtop Jakarta, dari Menteri Keuangan didampingi Kepala BNPB RI," jelasnya. (cr2)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Rantau lainnya
Berita Nasional lainnya