Panwaslu Sungaipenuh Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilgub-Pilwako

AI Mangindo Kayo | Selasa, 29-09-2015 | 23:41 WIB | 1141 klik | Nasional
<p>Panwaslu Sungaipenuh Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilgub-Pilwako<p>Panwaslu Kota Sungaipenuh, memberikan materi tentang sejumlah peraturan untuk pemilihan serentak 2015 ini, pada Ormas, BEM dan LSM, Selasa (29/9/2015). Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan dapat ikut memahami potensi dan tata cara melaporkan sebuah pelanggaran yang terjadi saat Pilgub-Pilwako nanti. (riko pirmando/valoranews)

VALORAnews - Panwaslu Kota Sungaipenuh, megngelar sosialisasi pengawasan tahapan pemilihan gubernur-wakil gubernur Jambi serta walikota-wakil walikota Sungaipenuh di pemilihan serentak 2015 pada Ormas, BEM dan LSM, Selasa (29/9/2015) di ruang pertemuan Panwaslu Sungaipenuh, Jl Yos Sudarso.

"Kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan Pilgub-Pilwako ini, bertujuan untuk menyampaikan ke lembaga masyarakat untuk mengetahui pelanggaran-pelanggran yang akan akan terjadi. Sehingga, elemen masyarakat itu bisa tahu tentang pelanggaran-pelanggaran Pilgub-Pilwako," ujar Ketua Panwaslu Kota Sungaipenuh, Toni Indrayadi.

Dikatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat dan lembaga masyarakat, agar mereka ikut memantau Pilgub-Pilwako. Sehingga, jika ada pelanggaran mereka bisa melaporkan ke Panwaslu.


"Kalau nanti ada pelanggaran mereka bisa langsung lapor ke panwaslu," ujar Toni.

Menurutnya, kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan partisipasi pemilih masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilgub-Pilwako yang pencoblosannya akan digelar 9 Desember 2015 mendatang. Sehingga, masyarakat dan lembaga masyarakat mengerti tentang tahapan dan bisa membedakan mana tahapan Pilgub-Pilwako yang melanggar dan tahapan yang benar.

Dosen STAIN Kerinci ini mengharapkan, setelah dilakukannya sosialsisai ini masyarakat dan pemilih pemula bisa dijadikan relawan pengawas Pilgub-Pilwako. Sehingga, Pilgub-Pilwako dapat terhindari dari kecurangan-kecurangan dan pelanggaran yang akan dilakukan oleh para peserta. (cr2)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Rantau lainnya
Berita Nasional lainnya