Padang Utara Studi Banding LPS ke Kampung Pondok

AI Mangindo Kayo | Rabu, 30-09-2015 | 22:02 WIB | 1363 klik | Kota Padang
<p>Padang Utara Studi Banding LPS ke Kampung Pondok<p>Camat Padang Utara, Teddy Antonius bersama perangkatnya, foto bersama dengan pengelola LPS di Kelurahan Kampung Pondok, Hongky Victor, dalam kegiatan studi banding pengelolaan persampangan, Rabu (30/9/2015). (humas)

VALORAnews - Tak perlu jauh-jauh studi banding soal pengelolaan sampah. Sudah ada Lembaga Pengelola Sampah (LPS) yang jadi percontohan di kota yang sama.

Hal itu jadi alasan Camat Padang Utara, Teddy Antonius memilih membawa lurah dan aparatur kecamatannya, ke Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat. Kedua kecamatan ini selain bertetangga, juga masih berada dalam wilayah Kota Padang.

"Kami tak perlu jauh-jauh untuk studi banding. LPS Kampung Pondok sudah cukup bagus untuk percontohan," kata Teddy Antonius di sela-sela kunjungannya ke Kampung Pondok, Rabu (30/9/2015).


Dia bertekad, menjadikan salah satu kelurahan di kecamatan Padang Utara, sebagai ikon kelurahan bersih. Kelurahan tersebut adalah Lolong Belanti. "Karena kelurahan ini sebagai pusat pemerintahan kecamatan tentu kita berharap lebih baik lagi dalam pengelolaan sampah dan kebersihannya," ungkap Teddy, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Untuk mendukung program itu, Teddy mengajak lurah Lolong Belanti, pengurus LPS, Perwakilan RT untuk belajar pengelolaan sampah berbasis kelurahan, di LPS Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat.

Ditambahkan Teddy, selama ini pengelolaan sampah di Lolong Belanti dikelola RW/RT, sehingga sulit dalam pembiayaan dan belum maksimal. "Untuk itu, kita inginkan pengelolaan sampah harus melalui LPS berbasis kelurahan seperti LPS Kampung Pondok," imbuhnya.

LPS Kampung Pondok sendiri sudah berjalan hampir setahun. LPS yang dimotori Hongky Victor dan kawan-kawan itu, terbilang sukses meminimalisir tumpukan sampah di lingkungannya. Juga mendapat apresiasi dari Pemko Padang. Selain diganjar penghargaan LPS ini juga dijadikan percontohan. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya