Kesbangpol Sungaipenuh Gelar Rakor Aksi Penanganan Konflik Sosial

AI Mangindo Kayo | Minggu, 11-10-2015 | 23:12 WIB | 1220 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Kesbangpol Sungaipenuh Gelar Rakor Aksi Penanganan Konflik Sosial<p>Wako Sungaipenuh, H Asafri Jaya Bakri (AJB), didampingi Asnadi Anas (kepala Kesbangpol), saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Aksi Pengamanan Gangguan Keamanan dalam kota Sungaipenuh yang digelar Kesbangpol Kota Sungaipenuh, Kamis (8/10/2015). (riko pirmando/valoranews)

VALORAnews -- Kehidupan masyarakat kota Sungaipenuh Harmonis. Hal ini dilihat dari tidak adanya konflik yang terjadi, diantaranya masalah tapal batas dan masalah SARA. Namun, menjelang pemilihan kepala daerah, beberapa kejadian telah terjadi. Untuk itu, dirinya berharap kepada penegak hukum untuk menindak sesuai dengan hukum yang berlaku, sehingga pelaku bisa ditindak.

Demikian dikatakan Walikota Sungaipenuh, H Asafri Jaya Bakri (AJB), saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Aksi Pengamanan Gangguan Keamanan dalam kota Sungaipenuh yang digelar Kesbangpol Kota Sungaipenuh, Kamis (8/10/2015).

"Kita harapkan kepada penegak hukum bertindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku, kapan perlu sudah ada kepastian hukumnya sebelum pelaksanaan Pilkada ini, minimal bisa memberi efek jera terhadap pelaku," kata AJB.


Pentingnya antisipasi konflik politik di Sungaipenuh, lanjut dia, sesuai dengan situasi dan kondisi. Untuk itu, dirinya menyebutkan kepada peserta Rakor, yang terpenting solusi.

"Inilah yang dinamakan demokrasi politik, sebab demokrasi tidak mengenal keluarga, demokrasi melihat kualitas dan kuantitas serta azas kepatutan," sebut AJB.

Sementara, kepala kantor Kesbangpol Sungai penuh, H Asnadi Anas, dalam laporan panitia menyebutkan, kalau kegiatan Rakor yang dilaksanakan ini, merupakan Agenda tahunan Kesbangpol kota Sungaipenuh.

Salah satu tujuan pelaksaan adalah untuk mengetahui daerah-daerah potensi konflik, sehingga nantinya bisa diantisipasi dan solusinya.

Kegiatan dihadiri Forkompimda, kepala Kesbangpol provinsi Jambi diwakili kabid penanganan konflik Sigit Eko Yuwono, juga sebagai salah satu pemateri, Kasi Trantib setiap Kecamatan, perwakilan kepala desa disetiap kecamatan, SKPD dan instansi vertikal terkait, ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

Salah satu tujuan pelaksaan adalah untuk mengetahui daerah-daerah potensi konflik, sehingga nantinya bisa diantisipasi dan solusinya. Selain itu, kegiatan juga bertujuan tercapainya rencana aksi pengamanan gangguan keamanan dalam negeri kota Sungaipenuh. (cr2)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Rantau lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya