Mendagri Pastikan Anggaran Pilkada Telah Dikoordinasikan dengan Kemenkeu

AI Mangindo Kayo | Jumat, 17-04-2015 | 17:28 WIB | 1031 klik | Nasional
<p>Mendagri Pastikan Anggaran Pilkada Telah Dikoordinasikan dengan Kemenkeu<p>Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik memukul gong tanda dimulainya pilkada serentak yang akan ditabuh pada 9 Desember nanti. Launching pilkada serentak ini disaksikan Mendagri Tjahyo Kumulo, Muhammad (ketua Bawaslu) dan stake holder terkait lainnya. (sutrisno/valoranews)

VALORAnwes - Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo mengatakan, telah memberikan penguatan kepada KPU dan Bawaslu dalam menyelenggarakan pilkada serentak. Salah satunya payung hukum untuk pengelolaan pembiayaan Pilkada.

"Kami sudah koordinasikan dengan Kementerian Keuangan berkaitan dengan anggaran. Untuk keamanan kami sudah koordinasi dengan Kepolisian dan TNI untuk perbantuan. Kami optimistis, Pilkada serentak dapat dilaksanakan dengan baik oleh KPU," ujar Tjahyo disela-sela peluncuran penyelenggaraan pilkada serentak 2015 di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Nomor 29 Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2015).

Pada 2015 ini, akan digelar pilkada di sembilan provinsi dan 260 kabupaten. Salah satu daerah yang akan menggelar pilkada serentak antara pemilihan gubernur/wakil gubernur dengan bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota adalah Sumatera Barat. Terdapat 11 kabupaten dan 2 kota yang akan menggelar pilkada serentak dengan pemilihan gubernur.


Sumbar telah dua kali digelar pilkada serentak antara pemilihan gubernur dengan bupati/walikota beserta wakilnya yakni pada 2005 dan 2010. Pilkada 2010 lalu itu, diakui sebagai yang terbesar di Indonesia. Diikuti 68 pasangan calon, terdiri dari lima pasangan calon gubernur-wakil gubernur serta 63 pasang calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota.

Mereka berebut 3.319.459 pemilih dengan pertarungan langsung di 10.856 tempat pemungutan suara yang tersebar di 19 wilayah kabupaten/kota di waktu itu. Walau terbesar, nyaris tak ada konflik horizontal terjadi. (geb)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Nasional lainnya