Istri Kepala BNPB dan Gubernur Borong Akik di Abyan Gemstone

AI Mangindo Kayo | Kamis, 23-04-2015 | 18:19 WIB | 2182 klik | Kota Padang
<p>Istri Kepala BNPB dan Gubernur Borong Akik di Abyan Gemstone<p>Istri Gubernur Sumbar Nevy Irwan dan Istri Kepala BNPB, Nanik Syamsul Maarif berfoto dengan pemilik Abyan Gemstone, Ronal, usai ibu-ibu pejabat itu memborong batu akik dan bahan mentah batu akik, Kamis (23/4/2015). (istimewa)

VALORAnews - Istri Gubernur Sumbar, Nevy Irwan Prayitno bersama Ny Nanik Syamsul Maa'rif (Istri Kepala BNPB), ternyata penggemar batu akik. Kamis (23/4/2015) siang, kedua istri pejabat teras ini memborong batu akik di Abyan Gemstone, di kawasan Ampang. Kehadiran dua istri pejabat ini, membuat pemilik Abyan Gemstone, Ronald, terkejut.

"Tidak menyangka dua istri pejabat teras mampir ke galeri saya," ujar Ronal, yang masih tak percaya akan pelanggan yang datang.

Ny Nanik dan Nevy terlihat serius memperhatikan batu hasil asahan Abyan Gemstone. Mereka juga melihat bongkahan (batu akik belum jadi-red). "Bagus hasil asahannya, rapi," ujar Ny Nanik yang membeli batu akik dan bahan bongkahan serta ikat plus aksesoris lainnya.


Tak mau ketinggalan, Ny Nevy juga memborong beberapa batu akik dan bahan bongkahan di Abyan Gemstone.

Sementara, sang pemilik Abyan Gemstone, Ronal, tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berdialog dengan istri orang nomor satu di Sumbar.

"Bu, batu akik ini cukup banyak menyediakan lapangan pekerjaannya, apalagi potensi batu akik Sumbar melimpah. Tolong ibu bantu pelatihan bagi anak-anak pengangguran Sumbar, saya bersedia melatihnya. Tapi, habis dilatih, batu mereka diasah dengan mesin asahan yang harganya kurang Rp1 juta," ujar Ronal.

Ditodong aspirasi seperti itu, Nevy tampak serius menyimak. "Ya bagus, saya akan usulkan sebagai program pemberdayaan masyarakat dan berharap pemerintah bisa memfasilitasinya," ujar Nevy.

Menurut, Ronal batu akik Sumbar telah jadi trend nasional. Orang luar Sumbar datang ke Ranah Minang, pasti yang dicari batu akik.

"Batu akik sekarang telah jadi buah tangan yang dicari orang luar Sumbar yang berkunjung ke sini. Karena, batu akik Sumbar itu seperti Lumuik Sungai Dareh punya daya tarik yang sudah menasional bahkan mendunia," ungkap Ronal.

Ronal termasuk segelintir anak muda yang serius menggarap bisnis batu akik. Belum setahun berusaha, Abyan Gemstone sudah mendapat nama di kalangan pecinya batu Akik.

Apalagi, batu akik hasil asahan Abyan cukup rapi dengan pengasahnya Hendra. Sosok anak muda ini termasuk yang telaten dalam mengasah batu.

"Hendra itu bisa memenuhi salera orang yang mau batunya dibentuk seperti apa dan motifnya seperti apa. Selain itu, kalau batu tidak bagus, Hendra tidak mau menyelesaikannya, mungkin takut yang punya batu akik kecewa," ujar Renol, seorang pelanggan setia di Abyan. (wdi)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kota Padang lainnya