Pemko Bukittinggi Bangun Tempat Merokok

AI Mangindo Kayo | Rabu, 29-04-2015 | 13:34 WIB | 1378 klik | Kota Bukittinggi
<p>Pemko Bukittinggi Bangun Tempat Merokok<p>Ilustrasi.

VALORAnews - Menindaklanjuti putusan Makamah Konstitusi (MK) Nomor 57/PUU-IX/2012 terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi membangun empat titik tempat merokok bagi para pecandu rokok.

"Empat titik tempat merokok yang dibangun tersebut yakni di Kantor Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kecamatan Gugukpanjang, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan di Kantor Catatan Sipil, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Syofia Dasmauli kepada VALORAnews, Rabu (29/4/2015).

Ia menyampaikan, dalam Perda Kawasan Tanpa Rokok itu memuat larangan bagi pecandu merokok di tempat umum, tapi tidak menyediakan tempat bagi mereka untuk merokok.


Sehingga, katanya, perda direvisi setelah putusan MK yang menyarankan supaya menyediakan tempat meroko bagi para pecandu roko, karena merokok (putusan MK,red) merupakan hak asasi bagi para pecandu merokok.

"Hasil revisi perda itu kita membuatkan tempat merokok bagi pecandu rokok agar perda dapat berjalan. Empat titik tempat merokok yang akan dibangun itu merupakan bantuan dana dari biaya cukai rokok sebesar Rp150 juta," katanya.

Ia menyebutkan, proses perencanaan pembangunan tempat merokok di empat titik itu sedang berjalan. "Setelah proses perencanaannya selesai, baru dikerjakan untuk pembangunannya," katanya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Bukittinggi lainnya