Padang Timur Prioritaskan Drainase dan Sanitasi

Sri Wahyeni | Kamis, 25-02-2016 | 08:56 WIB | 962 klik | Kota Padang
<p>Padang Timur Prioritaskan Drainase dan Sanitasi<p>Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-37 tingkat Kecamatan Padang Timur ditabuh, Sabtu (20/2/2016). Pembukaan ditandai dengan menabuh beduk oleh Walikota Padang H. Mahyeldi didampingi Camat Padang Timur Ances Kurniawan dan Kepala Kemenag Kota Padang. (humas)

VALORAnews - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Kecamatan Padang Timur, menyorot pembenahan drainase dan perbaikan sarana sanitasi.

Camat Padang Timur, Ances Kurniawan menyebut, usulan tersebut hasil rembuk warga atas usulan pembangunan yang akan dianggarkan untuk 2017 mendatang. Pembenahan drainase dan sanitasi diapungkan karena seringnya terjadi banjir d wilayah Padang Timur.

"Sebagian besar warga memang mengusulkan pembenahan saluran air yang rawan banjir di lingkungan pemukiman penduduk," ujar Ances, Selasa (23/2/2026).


Tak hanya drainase, warga juga mengusulkan adanya betonisasi di jalan lingkungan, rehab jembatan dan pembuatan jalan baru. Sedangkan kegiatan non fisik yang diusulkan, pelatihan usaha persampahan, pelatihan kerajinan, dan pembinaan tilawah dan tafsir Quran.

"Usulan-usulan hasil musenbang kelurahan tersebut kita bahas lagi dalam musrenbang di tingkat kecamatan agar nantinya bisa jadi prioritas di tingkat musrenbang di tingat kota dan direalisasikan dalam kegiatan 2017," kata Ances.

Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad menyebut pembaikan riol-riol di pemukiman warga serta drainase di sepanjang jalan umum sudah termasuk prioritas pembangunan yang dikerjakan pada 2016.

Untuk memaksimalkannya, kelurahan-kelurahan kembali mengusulkan untuk kegiatan 2017. Sebab, merupakan hasil rembuk warga guna mewujudkan Padang Timur yang bersih dan hijau sebagaimana visi yang diusung kecamatan tersebut.

"Pemerintah Kota Padang akan memberikan dukungan terhadap usulan-usulan pembangunan yang berdasarkan kebutuhan. Hasil selanjutnya tentu akan dibahas lagi di Musrenbang tingkat Kota Padang sehingga masuk pada KUA-PPAS APBD 2017," kata Sekda Nasir Ahmad.

Para anggota dewan dapil setempat yang hadir yaitu, Wakil Ketua DPRD Muhidi, Helmi Moesim, Amrizal Hadi dan Rafli. Hadir juga Muspika Padang Timur, Ketua DPC LPM dan sejumlah tokoh masyarakat serta para lurah. (lok)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya