Siswa Padangpanjang Berkesempatan Kuliah Gratis di Cina

Sri Wahyeni | Jumat, 01-04-2016 | 18:59 WIB | 1521 klik | Kota Padang Panjang
<p>Siswa Padangpanjang Berkesempatan Kuliah Gratis di Cina<p>Siswa SMA dari berbagai sekolah di Padangpanjang, mengikuti Capacity Building Forum Anak Daerah (FORDA), Senin (28/3/2016) di Mifan Water Park. (humas)

VALORAnews - Tamatan SMA Padangpanjang juga memperoleh kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma dan Sarjana di Perguruan Tinggi terbaik di Negeri Tirai Bambu, China, melalui jalur beasiswa dengan berbagai pilihan jurusan. Kesempatan tersebut dibuka oleh Yayasan Indonesia Thionghoa Cultural Centre (ITCC).

Manager ITCC, Andreas menyebut, kesempatan tersebut terbuka untuk 50 orang peminat yang bersungguh-sungguh tanpa proses seleksi. Ditambah pula 10 quota untuk program khusus Farmasi Herbal.

"Yang paling cepat merespon dan melengkapi persyaratan itu lah yang diterima," kata Andreas saat memberikan sosialisasi dan motivasi dihadapan 250 siswa SMA dan perwakilan orang tua di Aula SMP Hikmah, Rabu (30/3/2016)


Disebutkan, pendaftaran dan kelengkapan administrasi dibuka sampai tanggal 25 April 2016. Adapun persyaratan yg diminta adalah paspor, Kartu Keluarga (KK), surat pernyataan dan dukungan orang tua, serta keterangan telah menamatkan sekolah dari kepala sekolah atau ijazah SMA/SMK/MA. Pendaftaran dipusatkan di SMP Hikmah Padang Panjang.

Dijelaskan Andreas, bagi yang dinyatakan diterima akan mengikuti pembelajaran Bahasa Mandarin di SMP Hikmah yang juga telah ditetapkan sebagai Pusat Pembelajaran Bahasa Mandarin di Wilayah Sumatera oleh ITCC.

Keberangkatan ke China dijadwalkan bulan September 2016. Selama di China mereka akan mengikuti perkuliahan dan tinggal di asrama yang sangat layak di kampus masing-masing tanpa biaya (free). Kecuali untuk jurusan kedokteran dan untuk keperluan pribadi, seperti makan minum, buku, dan keperluan pribadi lainnya. Bagi yang mengambil jurusan kedokteran dikenakan biaya pendidikan yang juga cukup murah karena disubsidi oleh Pemerintah China.

ITCC adalah yayasan yang berpusat di Surabaya didirikan oleh Dahlan Iskan (Jawa Pos Group). Sejak 2007 telah menyalurkan beasiswa kepada ribuan putra putri Indonesia, khususnya di wilayah tengah dan timur. Kota Padangpanjang adalah yang pertama kali untuk wilayah barat.

"Mudah-mudahan masyarakat Padangpanjang merebut peluang dan kesempatan ini. Jika ada keraguan, informasi lebih lengkap juga bisa ditelusuri melalui internet," kata Kadisdik Padangpanjang, Desmon. (rel)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang Panjang lainnya