PLN, Tolong Jangan Matikan Listrik saat UN

Sri Wahyeni | Sabtu, 02-04-2016 | 12:30 WIB | 682 klik | Kota Padang
<p>PLN, Tolong Jangan Matikan Listrik saat UN<p>Ilustrasi

VALORAnews---Pemko Padang meminta PLN wilayah Sumbar untuk tidak mematikan listrik selama ujian nasional berlangsung, 4-7 April nanti. Untuk itu, Pemko melalui Dinas Pendidikan bakal menyurati PLN terkait hal tersebut.

"Kita perlu menyurati PLN untuk tidak mematikan listrik saat UN. Sebagian siswa kita ada yang menjalani UN berbasis komputer (UNBK). Jadi listrik sangat dibutuhkan untuk kelancaran UN," kata Kabid Pendidikan Menengah Disdik Padang Fauzil Mahfus, Jumat (1/4/2016).

UNBK ini, katanya, digelar hanya di satu sekolah di Kota Padang yakni SMKN 2. Sebab hanya SMKN 2 yang memiliki alat lengkap untuk pelaksanaan UNBK.


Namun begitu, jika PLN diharuskan untuk mematikan listrik saat pelaksanaan UNBK, pihak Disdik akan mengubah jadwal UNBK atau menggantinya dengan ujian nasional secara manual. "Harus ada pilihan, namun tidak merugikan sekolah ataupun siswa," tambahnya.

SMKN 2 Padang merupakan sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan UNBK. Diharapkan pada tahun depan tidak hanya di SMKN 2 Padang saja yang melaksanakan UNBK, namun juga SMA, SMK ataupun MA lainnya.

Apalagi pada pelaksanaan UNBK ini seluruh siswa mesti jujur. Sebab soal yang diujikan kepada setiap siswa berbeda-beda. "Pelaksanaan UNBK akan melatih para siswa untuk bersikap jujur dan percaya pada diri ketika mengisi soal ujian," sebut Fauzil. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya