Tekan Angka Kecelakaan, Polres Bukittinggi Pertontonkan Kendaraan Ringsek

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 02-04-2016 | 22:02 WIB | 2393 klik | Kota Bukittinggi
<p>Tekan Angka Kecelakaan, Polres Bukittinggi Pertontonkan Kendaraan Ringsek<p>Kendaraan ringsek, dibawa berkeliling oleh Polres Bukittinggi, dalam pawai keselamatan berlalu lintas, Sabtu (2/4/2016) sore. (Hatta rizal/valoranews)

VALORAnews - Tingginya angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Bukittinggi dan sekitarnya, membuat pihak Polres menggelar pawai aksi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, sekaligus menggugah minat masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP Rio Sigal Hasibuan mengatakan, pawai aksi keselamatan berlalu lintas ini, baru pertama kali diadakan oleh pihaknya.

"Kegiatan ini agak berbeda dari yang sudah kami lakukan sebelumnya," ujar AKP Rio Sigal, Sabtu (2/2/2016) sore.


Selama satu hari penuh, Polres Bukittinggi melakukan aksi mengelilingi wilayah hukum Polres Bukittinggi mulai dari Palupuah hingga berakhir di Malalak, Agam.

Dalam aksi unik ini, pihak Polres membawa sebanyak 2 unit mobil berikut 4 unit motor bekas kecelakaan di atas sebuah truk besar, agar masyarakat bisa mengingat bahwa begitu pentingnya tertib berlalulintas.

"Kendaraan ringsek yang kami bawa, sengaja kami perlihatkan kepada masyarakat. Bahwa, inilah akibatnya jika lalai dalam berkendara," terang AKP Rio Sigal.

Dalam dua bulan terakhir, kata Sigal, terutama di Februari, sudah terjadi 8 kasus kecelakaan yang mengakibatkan kematian. Maret, jumlah ini menurun karena kasus Laka Lantas hanya mengakibatkan 1 korban jiwa saja.

"Kita akan tetap berupaya menekan angka kecelakaan. Salah satunya dengan aksi seperti ini," pungkas AKP Rio Sigal.

Iring-iringan kendaraan polisi yang berisi kendaraan bekas kecelakaan memang membuat antusias masyarakat. Saat rombongan ini berhenti di keramaian seperti dekat Tugu Polwan Bukittinggi, terlihat masyarakat tertarik menyaksikan aksi yang dilakukan sehari penuh itu. (cr6)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Bukittinggi lainnya