Giwang Kuning Kemerahan Smoky Quarz Padang Bikin Pecandu Penasaran

AI Mangindo Kayo | Jumat, 08-05-2015 | 19:33 WIB | 5184 klik | Kota Padang
<p>Giwang Kuning Kemerahan Smoky Quarz Padang Bikin Pecandu Penasaran<p>Batu Akik Smoky Quars atau dikalangan pebatu akik Sumbar dikenal dengan Solar Padang, mulai muncul di pasaran. (istimewa)

VALORAnews - Indah, unik dan punya banyak variasi, menambah ragam batu akik dari tanah Sumatera Barat. Ya, Batu Akik Smoky Quars atau dikalangan pebatu akik Sumbar dikenal dengan Solar Padang, mulai muncul di pasaran.

"Smoky Quarz, batu akik yang berasal dari Kabupaten Solok Selatan," ujar pengrajin batu akik asal Sumbar, Indra Amanah, Jumat (8/5/2015), tadi sore.

Menurutnya, secara phisik, Solar Padang atau Smoky Quarz ini mirip Solar Aceh. "Memang mirip tapi tidak persis sama. Kalau dari literatur, smoky ini hanya ada di Brazil," ujar Indra.


Tapi, Smoky Quarz Solok Selatan ini punya keunikan, yang tidak dimiliki baik oleh Solar Aceh maupun smoky dari Brazil.

"Warna Solar dari Akik Solar Padang ini, diiringi dengan giwang kuning kemerah-merahan, yang membuat gila para kolektor batu akik," ujarnya.

Adanya giwang kuning kemerah-merahan yang memancar dari Smoky Quarz Sumbar ini, memberikan variasi warna, jika ditempa cahaya sehingga dengan melihat sekilas seperti Solar Aceh.

Batu Akik ini diakui penggemar Batu Akik di Padang, baru muncul akhir April kemarin di pasaran. "Melihat unik dan tampilannya ingin memiliki cukup tinggi," ujar Hendra, seorang penggila batu akik di GOR H Agus Salim, Padang.

Tentang harga, Indra Amanah masih cukup ramah, baik yang sudah jadi maupun bahan. "Tak semahal Solar Aceh, tapi menterengnya tak kalah dengan Solar Aceh. Kalau sudah jadi apalagi kristal dan indah ukuran jumbo, dikisaran Rp1 juta. Kalau bahan satu kilo, bisa menyentuh Rp350 ribu," ujarnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kota Padang lainnya