Stok Beras Pessel Mencukupi hingga Idul Fitri

AI Mangindo Kayo | Minggu, 24-05-2015 | 20:00 WIB | 1167 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Stok Beras Pessel Mencukupi hingga Idul Fitri<p>Panen raya Demplot Kodim 0311 Pesisir Selatan di Kampung Kapencong, Nagari Kapelgam, Kecamatan Bayang, Kamis (7/5/2015) dipimpin langsung Dandim 0311 Letkol Inf Joko Maryanto diikuti unsur muspida lainnya. (Humas Pemkab Pessel)

VALORAnews - Pemkab Pesisir Selatan, menjamin stok pangan konsumsi masyarakat di daerah itu mencukupi hingga Hari Raya Idul Fitri 2015. Pemkab juga memiliki persediaan gabah di 10 lumbung pangan yang tersebar di 10 dari 15 kecamatan yang ada di Pesisir Selatan.

"Tidak saja itu, stok beras Pesisir Selatan juga masih tersedia di gudang Badan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) II Sumbar, Sago Painan," ungkap Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Minggu (24/5/2015) di Painan.

Dikatakan, stok beras masih banyak, karena hasil panen raya petani beberapa waktu lalu masih menumpuk di gudang. Bahkan, tidak beberapa hari lagi petani akan panen raya lagi. Meski demikian, pemkab mengawasi pergerakan harga pangan. Ini terus dilakukan, agar pedagang tidak menaikan harga kebutuhan pokok dengan seenaknya.


"Menjaga ketahanan pangan agar tetap tersedia dan tidak terjadinya lonjakan harga akibat stok menipis, pemkab terus berupaya memperbanyak stok dengan melakukan pembelian gabah dari hasil panen petani melalui lembaga distribusi pangan masyarakat (LDPM) yang tersedia di kecamatan," terang Nasrul Abit.

Tempat penyimpan stok pangan yang ada, diperkirakan mampu menjaga dan mengendalikan ketahanan pangan di Pessel. Dimana, disaat terjadi bencana dan stok minipis, LDPM akan berfungsi menyalurkan stok yang ada.

"Inilah fungsinya LDPM, disaat terjadi bencana dan stok menipis maka bahan pangan yang tersedia dapat didistribusikan langsung ke masyarakat yang membutuhkan," katanya. (lek)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya