Jalinsum Sungai Penuh-Kerinci-Pessel Mulai Diperbaiki

AI Mangindo Kayo | Selasa, 23-06-2015 | 16:47 WIB | 2588 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Jalinsum Sungai Penuh-Kerinci-Pessel Mulai Diperbaiki<p>Tapal batas Sungai Penuh dan Kerinci dengan Kabupaten Pessel di Sumbar. (istimewa)

VALORAnews - Jelang mudik lebaran 2015 ini, ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Kabupaten Kerinci-Sungai Penuh dan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mulai diaspal walaupun sebagian lagi masih koral batu.

Pantuan dilapangan, mulai dari batas Kabupaten Kerinci-Sungai Penuh hingga setengah jalan menuju tapal batas Kabupaten Pesisir Selatan dengan Sungai Penuh, kondisinya sudah lumayan nyaman bagi pemudik yang melintasi jalan ini.

Seorang mahasiswa asal Sungai Penuh, Rendi (27) mengatakan, walaupun harus berhati-hati karena takut longsor, dirinya setiap libur kuliah dan lebaran, selalu melewati jalan Tapan-Sungai Penuh.


"Saya seringnya konvoi lewat jalan ini. Karena, setiap kemungkinan buruk yang terjadi, ada teman yang akan menemani. Karena di sepanjang jalan ini, pemukiman warga jarang ditemui," terangnya.

Sementara, Acik (40), seorang sopir angkutan umum jurusan Painan-Sungai Penuh mengatakan, walaupun tidak semuanya jalan diaspal sampai batas kabupaten Pessel, namun hal itu sudah cukup membantu dirinya dan sopir-sopir lainya.

"Semoga segera diaspal semuanya. Jadi, perjalanan dari Tapan ke Sungai Penuh bisa ditempuh 1,5 jam," terang Acik.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pessel, AKP Yogi Febriansyah mengatakan, mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik lebaran nanti, kendaraan baik itu roda dua ataupun roda empat yang melintasi ruas jalan kabupaten Pessel hingga ke Sako Tapan, akan ditempatkan poskotis.

"Poskotis pantuan arus mudik dan balik, ditempatkan mulai dari pintu masuk Kabupaten Pessel hingga ke batas Pessel dengan Muko-muko dan Sungai Penuh," terangnya.

Kepala BPBD Pessel, Pri Nurdin mengatakan, dalam rangka antisipasi longsor pada mudik Ramadhan, ia telah menyiagakan Tim SAR BPBD Pessel di kecamatan BAB Tapan.

"Kita juga siagakan alat berat, untuk segera diterjunkan kelapangan jika terjadi longsor," terang Pri Nurdin, beberapa saat lalu. (lek)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya