20 Sampel Makanan Diperiksa Tim Gabungan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 25-06-2015 | 17:30 WIB | 1007 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>20 Sampel Makanan Diperiksa Tim Gabungan<p>Seorang anggota tim gabungan, tengah memeriksa makanan dalam kemasan, dalam sidak yang digelar di Pasar Painan, Kamis (25/5/2015), mengantisipasi beredarnya makanan kedaluarsa. (Lelek/valoranews)

VALORAnews -- Pemkab Pessel, menerjunkan tim gabungan menginspeksi sejumlah makanan di Pasar Inpres Painan, Kamis (25/6/2015). Penyisiran dimulai dari halaman Mapolres Pesisir Selatan, pukul 09.30 WIB, tim yang terdiri dari Kepolisian, Satpol PP, TNI, Koperindag, Dinkes dan Ketahanan Pangan langsung menyusuri sejumlah pasar tradisional di Painan.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) kemarin siang, tim bersama Muspida plus menyambangi kios sembako yang menjual beras, gula, bihun. Termasuk memeriksa beberapa makanan juga minuman yang kedaluarsa.

Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit menjelaskan, inspeksi mendadak yang dilaksanakan Muspida plus Kabupaten Pesisir Selatan, dalam rangka meninjau kesetabilan harga sembako jelang Idul Fitri.


"Hal itu sebagai bentuk dari pengawasan terhadap makanan dan minuman yang membahayakan bagi kesehatan manusia. Pada operasi ini, pemkab tidak akan tebang pilih untuk menindak tegas semua pelaku usaha yang ditemukan menjual produk kedaluarsa tersebut," ungkap Nasrul Abit.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Pessel, dr Syahrial Antoni mengatakan, makanan yang diteliti itu, selanjutnya akan diuji labor. Apakah memang kedaluarsa ataupun yang lainnya.

Herni (30) salah seorang pedagang sembako di Pasar Inpres Painan mengatakan, harga-harga masih cenderung normal dan stok bahan pokok pangan dan barang penting lainnya masih aman untuk persediaan hingga setelah lebaran.

"Setelah hampir dua jam lebih melakukan inspeksi tersebut, tim gabungan membawa kurang lebih 20 sampel makanan dan minuman berbagai jenis, untuk dilakukan uji labfor," terang Syahrial. (lek)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya