• Selasa, 17-11-2020 • 16:28 WIB

Begonia, Si Pembawa Keberuntungan

Silvia Permata Sari*

*Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas

<p>Begonia, Si Pembawa Keberuntungan<p>

Ada banyak pilihan tanaman cantik yang bisa digunakan menghiasi sudut-sudut ruangan dan taman anda. Harganya pun beragam, tergantung dari keindahan dan kelangkaan tanaman tersebut. Di tahun 2020 ini, selama masa pandemic covid-19 ada beberapa jenis tanaman hias yang banyak diburu para pecinta tanaman di Indonesia. Sebut saja namanya "Begonia" yaitu tanaman hias yang belum lama popuer di Indonesia.

Bentuk daun yang asimetris dan corak polkadot, hidup dan perawatannya yang mudah, ditambah dengan viralnya Bunga ini di dunia maya membuat pecinta tanaman di Indonesia tertarik. Bahkan tanaman ini diyakini dapat membawa keberuntungan jika ditanam di rumah. Begonia ini bisa ditanam di taman, halaman belakang rumah, bahkan di pot gantung.

Begonia merupakan jenis tanaman berbunga yang mekar sepanjang tahun. Tanaman ini berasal dari family Begoniaceae. Umumnya Begonia bisa ditemukan di daerah beriklim subtropik atau tropis lembab, seperti Asia dan Amerika Selatan. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias yang sangat diincar oleh banyak orang karena kecantikannya.


Apakah kamu tertarik berburu tanaman ini? Apalagi tanaman ini merupakan salah satu tanaman buruan kaum hawa di masa Pandemi Covid-19 tahun ini.

Berikut beberapa contoh jenis Si Cantik Begonia:

  • 1. Begonia rex

Tanaman Begonia rex disebut juga dengan "Painted Leaf Begonia". Ini merupakan jenis yang paling dikenal oleh pecinta tanaman hias. Beberapa karakteristik dari tanaman ini adalah daunnya yang diberkati dengan banyak warna serta banyak sekali bentuk pola, dan ukuran yang bisa dipilih.

  • 2. Begonia Rhizomatous

Tanaman Begonia Rhizomatous disebut juga dengan istilah "Begonia non-rex". Banyak disukai orang karena tampilan daunnya yang sangat menarik dan bunga yang besar. Tanaman ini memiliki berbagai jenis ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar. Ukuran bunga dari varian Begonia jenis ini bisa menutupi keseluruhan badannya. Begonia "Freddie" adalah varian Begonia Rhizomatous dengan daun yang lebarnya bisa mencapai 1 meter.

  • 3. Begonia Cane

Tanaman Begonia Cane memiliki tampilan yang tidak kalah lebih indah dan unik daripada Begonia rex dan Begonia Rhizomatous. Salah satu daya tarik dari Begonia Cane adalah daunnya yang menyerupai sayap, sehingga jenis Begonia Cane ini dijuluki sebagai "tanaman sayap malaikat". Selain itu, ada juga Begonia Cane yang mempunyai bunga berukuran besar yang mengeluarkan aroma wangi.

Jadi tak jarang oleh pecinta bunga, Begonia Cane ini diletakkan di luar ruangan pada siang hari dan dimasukkan saat malam tiba, dengan harapan aroma harumnya dapat sebagai pengharum ruangan. Daunnya memiliki banyak corak warna, mulai dari merah muda, ungu, hingga putih.

  • 4. Begonia Shrubs

Tanaman Begonia Shrubs memiliki bermacam-macam varietas, mulai dari yang kecil hingga yang ukurannya bisa mencapai 4 meter. Selain itu juga memiliki bentuk dan tampilan yang berkilau, bahkan ada juga yang memiliki bulu-bulu halus seperti kain beludru. Warna bunganya juga beragam, mulai dari putih, merah muda, hingga merah.

  • 5. Begonia Lilin (Semperflorens)

Jenis Begonia yang satu ini dikenal juga dengan nama Semperflorens karena memiliki daun yang tampak seperti dilapisi lilin. Daun dari tanaman ini berbentuk lingkaran dan warnanya sendiri terdiri dari berbagai macam warna. Umumnya memiliki dua warna, yakni hijau dan perunggu.

Selain beberapa contoh di atas, masih banyak lagi jenis Begonia yang bentuknya sangat indah dan menarik. Contohnya: Begonia lilin atau dikenal dengan panggilan "Semperflorens," Scandent Begonia, Tuberous Begonia, Thick Stemmed Begonia, dan lain-lain.

Setelah kita mengenal jenisnya, sahabat harus mengetahui cara budidaya dan perawatannya. Tanaman Begonia bisa dikembangbiakan melalui beberapa macam cara. Salah satunya yaitu menggunakan stek. Stek merupakan salah satu metode yang paling sering dipilih karena dianggap sangat mudah dan praktis. Selain itu, juga dapat menghasilkan beberapa tunas Begonia baru.

Untuk perawatan, tanaman Begonia ini sebaiknya disiram dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Setelah disiram dan daunnya kering harus dilap menggunakan kain lembut agar permukaannya terlihat mengkilat (indah).

Kemudian untuk penyinaran, tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak. Oleh karena itu sebaiknya tanaman ini diletakkan pada area (tempat) yang bisa terkena sinar matahari langsung, tetapi jangan di area yang terlalu panas, seperti di bawah pohon besar yang rindang dan berdaun lebat.

Hal lain yang harus kita perhatikan yaitu pemupukan. Pemberian pupuk tidak boleh terlalu sering dilakukan,tetapi cukup sekali dalam 6 bulan. Alasannya adalah pemberian pupuk yang berlebihan bisa membuat kandungan garam dalam tanah jadi menumpuk, sehingga akar tanaman ini mudah busuk.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa jenis tanaman Begonia dan tips perawatannya. Semoga bisa menambah wawasan dan menginspirasimu untuk menghias rumah dengan si cantik Begonia. Sahabat juga makin rajin bertanam di rumahnya masing-masing. (*)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

lainnya